Kata-kata Super Hari Ini

Banyak kegagalan dalam hidup ini dikarenakan orang-orang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka menyerah.(Thomas Alva Edison)

Jumat, 29 Oktober 2010

Trik Nego Gaji Buat Karyawan Lama





Sudah bekerja lama di suatu perusahaan dan berencana minta kenaikan gaji? Simak tips berikut untuk memuluskan rencanamu.
Dalam buku 13 Jurus Jitu Sukses di Dunia Kerja, Windya Novita menuliskan, hal pertama yang harus disiapkan adalah mengetahui kinerja dan prestasi kerjamu. Lebih baik lagi jika kamu baru saja menyelesaikan proyek besar secara sukses. Tentu perusahaan akan mempertimbangkan kenaikan gajimu. "Jika perlu, simpan catatan keberhasilanmu selama bekerja yang dapat dijadikan referensi dalam proses negosiasi gaji," tulis Windya.

Sebelum meminta kenaikan gaji, sebaiknya kamu juga mengetahui situasi dan kondisi perusahaan. Jika perusahaanmu sedang mengalami kemajuan, tentu akan menjadi saat yang tepat untuk minta kenaikan gaji. Tetapi jika perusahaanmu sedang dalam kesulitan keuangan atau bahkan diambang kemunduran, permintaanmu untuk naik gaji tentu akan ditolak. "Pintar-pintarlah melihat situasi dan kondisi perusahaan," saran Windya.

Jika menurutmu perusahaan dalam kondisi yang memungkinkan untuk kenaikan gaji, carilah waktu yang tepat untuk mengutarakan keinginan tersebut. Perhatikan juga kondisi atasanmu, pastikan dia tidak dalam keadaan marah atau banyak persoalan.

"Kemudian, agar kamu dapat mencapai tujuan dengan baik, maka saat menego gaji kamu harus pintar berkomunikasi dengan menggunakan tata bahasa yang baik dan penampilan yang enak dilihat," ujar Windya dalam buku setebal 204 halaman tersebut.

Wanita berkerudung ini menambahkan, kamu juga harus mampu menunjukkan bahwa kamu seseorang yang profesional dan telah berkontribusi positif pada perusahaan.

Hal terakhir yang perlu kamu persiapkan adalah kondisi psikologismu. Kamu harus bisa tampil percaya diri ketika proses negosiasi gaji dengan atasan. Selain itu, kamu juga harus siap menerima jawaban apa pun atas permintaanmu tersebut, yaitu diterima atau ditolak.

Semoga berhasil!

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Related Posts with Thumbnails