Kata-kata Super Hari Ini

Banyak kegagalan dalam hidup ini dikarenakan orang-orang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka menyerah.(Thomas Alva Edison)

Rabu, 03 November 2010

Cara Mengemudi Ternyata Mempengaruhi Penggunaan BBM


Cara kita mengemudi kita ternyata mempengaruhi penggunaan BBM. Negara kita tercinta, Indonesia dicap sebagai negara terboros di dunia dalam mengkonsumsi BBM. Maka dari itu kita sebagai warga negara yang baik harus bisa menghemat BBM dari pemerintah. Kasian kan anak cucu kita nanti kalo ga bisa naik motor gara-gara bahan bakarnya habis? Gampang koq caranya, mengemudilah pakai cinta.


Dengan ecodriving, yaitu cara mengemudi yang dilakukan sesuai dengan serangkaian teknik tertentu, sehingga bisa menghemat bahan bakar kita. Beginilah tekniknya:


1. Atur perpindahan transmisi sesuai rpm.

Pindahkan gigi sesuai rpm (jarum penunjuk putaran mesin per menit). Kalau pada saat jalan tanjakan kita berada pada posos gigi 3 tentu saja mesin akan mengerung, nahh itu tandanya rpm kita suadah berada di atas batas maksimal. Dan pada saat jalan menurun hendaknya pindahkan gigi ke urutan yang lebih rendah, pada gigi 2 atau 1. Jadi naik turunnya rpm harus disesuaikan dengan posisi gigi dan kecepatan, jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah.




2. Jangan terlalu sering memindahkan transmisi.

Tahukah kalian pada saat mobil untuk pertama kalinya (masuk ke gigi 1), memakan lebih banyak bensin jika dibandingkan dengan saat berjalan biasa. Dan semakin banyak bahan bakar yang terbuang, semakin banyak pula CO2 yang dikeluarkan. Pada saat lampu merah hendaknya kita sudah mengerem dari jauh, jangan mendadak sehingga pada saat lampu hijau kita bisa langsung jalan tanpa mengganti gigi terlebih dahulu.




3. Kecepatan ekonomis.

Semakin tinggi kecepatan kita maka semakin banyak bahan bakar yang diperlukan. Kecepatan ekonomis yang disarankan maksimal 90 km/jam. Kalau kecepatan kita sudah di atas 100 km/jam, penggunaan bahan bakar kita juga akan semakin boros.




4. Teratur mengecek dan mengatur tekanan ban.

Saat berjalan dengan kondisi kurang udara,ban harus bekerja ekstra keras. Akibatnya mesin juga ikut bekerja lebih berat dan akan menghabiskan lebih banyak bahan bakar.




5. Jangan terlalu banyak beban pada kendaraan.

Beban yang berlebihan dapat membuat mesin bekerja ekstra, selain itu menginjak gas secara berlebihan dapat menghabiskan bahan bakar dan meningkatkan pemakaian mesin.




6. Panasi kendaraan cukup sebentar saja.
Tidak perlu memanaskan kendaraan terlalu lama, karena tentu kita tahu terlalu lama menyebabkan pemborosan bahan bakar. Kemudian isi bensin pada saat cuaca sejuk karena dapat mencegah penguapan

0 komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog

Related Posts with Thumbnails